Hadapi Kemarau, Jambi Minta Heli

JAMBI – Menghadapi musim kemarau 2021, Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Jambi mengajukan bantuan helikopter ke pemerintah pusat. Helikopter ini akan dipakai untuk membantu proses pemadaman karhutla atau untuk modifikasi cuaca.

“Kita sudah mengajukan bantuan helikopter untuk di Jambi guna mempercepat penanganan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujar Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Selasa (16/3).

Menurut Sudirman, permintaan bantuan heli diajukan menyusul dengan ditetapkannya Jambi dalam status siaga darurat karhutla.

Dengan helikopter, jelas Sudirman, proses pemadaman karhutla bisa dipercepat melalui water bombing. Selain itu, heli tersebut bisa dipakai untuk mendukung penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC) lainnya, seperti penaburan garam (NaCl) untuk merangsang turunnya hujan.

“Informasinya, (helikopter) diutamakan untuk bantuan TMC,” tegasnya.

Jambi meningkatkan status karhutla menjadi siaga darurat setelah beberapa kabupaten mengalami peningkatan kebakaran, yakni Tanjab Barat, Tanjab Timur dan Muaro Jambi.

Berdasarkan pantauan BMKG Sultan Thaha Jambi, hingga pertengahan Maret 2021 terdapat 72 titik panas (hostpot), terbanyak di Kabupaten Tanjab Barat.

 

Sumber: metrojambi.com

Penyiar: Fahrizal

Editor: Dina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *