Fachrori Tekankan Pembangunan Ekonomi Sekunder

JAMBI –¬†Silaturahmi Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum dengan pelaku usaha swasta dan BUMD dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi Provinsi Jambi berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (18/06) malam. Silaturahmi menjadi moment¬† sinergitas pihak pemerintah dan swasta guna pembangunan ekonomi Provinsi Jambi yang lebih baik, dimana kondisi perekonomian Provinsi Jambi masih dipengaruhi oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi menerangkan ekonomi Provinsi Jambi tahun 2018 tumbuh sebesar 4,71%, angka pertumbuhan ekonomi tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada tahun sebelumnya yang tercatat 4,64%.

“Jika kita mencermati kontribusi per sektor dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi daerah kita yaitu dengan menggunakan instrumen produk domestik regional bruto atau PDRB maka sektor primer kita yaitu pertanian dan pertambangan masih mendominasi perekonomian kita dengan memberikan kontribusi hampir 57%. Kontribusi sektor sekunder mencapai 20%, serta sektor tersier mencapai 23%,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengharapkan peningkatan nilai dari kondisi perekonomian yang masih bergantung pada harga komoditi utama yaitu karet, kelapa sawit, dan batu bara dimana harga dari ketiga komoditi tersebut ditentukan oleh kondisi pasar internasional sehingga pemerintah sangat sulit untuk melakukan intervensi.

“Bagian upaya yang harus dilakukan oleh pihak pemerintah dan pihak swasta yaitu melakukan transformasi ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder dan tersier,” tegas Fachrori.

Bagikan
  • Twitter
  • Facebook
  • email

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *