Sekdaprov Jambi : Menghadapi Pilkada Serentak Situasi Harus Aman dan Terkendali

Sekdaprov Jambi : Menghadapi Pilkada Serentak Situasi Harus Aman dan Terkendali

Kota Jambi (Humas Provinsi) – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, SH, MH, MM mengemukakan, dalam menghadapi pilkada situasi harus aman dan terkendali, agar masyarakat dapat menentukan pemimpin yang berkualitas dan dapat menjalankan program kerjanya sesuai dengan visi dan misinya, hal demikian dikemukakannya, saat membuka rapat koordinasi pemantauan perkembangan politik daerah dan persiapan pemilihan kepala daerah serentak di Provinsi Jambi tahun 2017, bertempat dikantor Badan Kesbangpol Provinsi Jambi. Kamis, (24/11/2016).

Dengan Tema ” Kita Ciptakan PILKADA yang Bersih dan Berkualitas ”

Dalam sambutan dan arahannya Sekda menyampaikan, sesuai dengan undang-undang RI no.8 tahun 2015 tentang perubahan atas undang-undang no.1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah penganti undang-undang no.1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi undang-undang mengamanahkan bahwa pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota di selenggarakan secara, Aman, Damai, Tertib dan Lancar.” Hal ini dapat tercapai apabila seluruh komponen bangsa saling bahu membahu mendukung pelaksanaan pemilihan dengan didasarkan pada peraturan yang berlaku dan menghormati hak-hak politik setiap warga negara,”. ungkap Sekda.

Dikataka Sekda, pelaksanaan pilkada di 3 Kabupaten diprovinsi Jambi yaitu Kabupaten Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun harus terjamin pelaksanaan sesuai dengan peraturan yang berlaku.” Kita harus memberikan pembelajaran berpolitik kepada masyarakat dan dapat menjamin rasa aman terhadap masyarakat, hingga mendapatkan suatu pemimpin yang berkualitas yang dapat menjalankan amanahnya seorang kepala daerah dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat didaerahnya masing-masing,” kata Sekda.

Selain itu sekda juga minta kepada seluruh PNS di tiga kabupaten yang sedang melaksanakan Pilkada serentak ini diharapkan menjaga netralitas sebagai PNS.” Bagi PNS menurut undang-undang dilarang keras terlibat atau melibatkan diri didalam pelaksanaan kegiatan politik praktis dalam pelaksanaan pilkada tersebut,” jelas Sekda.

Sekda juga menjelaskan, rapat koordinasi yang dilaksanakan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada KPU dalam memantapkan persiapan pilkada serentak.” Rapat Koordinasi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada KPU dalam memantapkan persiapan dan mensukseskan penyelenggaraan pilkada serentak yang insya allah akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang,” jelasnya lagi.

Menurut Sekda, pelaksanaan pilkada yang telah dilaksanakan sudah berjalan sesuai dengan baik, kondisi ini mengindikasikan adanya komitmen penyelenggaraan, adanya kesadaran berpolitik dari semua pemangku kepentingan untuk menjaga tegaknya demokrasi di Indonesia,” Walaupun kita juga harus mengakui bahwa dalam proses pembelajaran berdemokrasi masih terdapat beberapa kelemahan yang harus kita perbaiki dan disempurnakan lagi dimasa mendatang,” menurutnya.

Sekda ajak masyarakat provinsi jambi terutama di tiga kabupaten yang sedang dalam pemilihan Bupati serentak tahun 2017 ini.” Kita semua agar mewujudkan kualitas dan demokrasi dalam penyelenggaraannya nanti perlu aman, damai, tertib dan lancar. Membangun komonikasi antar pemengku kepentingan secara intensif serta membangun mekanisme penyelesaian masalah yang efektif. Partai politik dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Semua harus mampu mereduksi dan mengeliminir terjadinya konflik vertikal dan horizontal yang bisa mencederai demokrasi. Bersama dijaga akuntabilitas dan transparansi lembaga penyelenggara pemilihan.” ajak sekda.

Sebelum ┬áKepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi H. Ali Dasril, SH menyampaikan, tujuan dilaksanakan rapat koordinasi ini adalah.” untuk bisa memantau perkembangan politik di daerah serta mempersiapkan pilkada serentak yang akan dilaksanakan ditahun 2017 ini serta mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam pelaksanaan pilkada dan menginventarisasi permasalahan yang ditemui maupun kemungkinan kendala yang akan terjadi dalam pelaksanaan pilkada tersebut.” jelasnya.

Pada rapat ini materi dan narasumber langsung dari KPU provinsi jambi dan Bawaslu provinsi jambi

Turut serta pada kesempatan ini, Kakan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sarolangun, Tebo dan Muaro Jambi, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kabupaten Sarolangun, Tebo dan Muaro Jambi, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun, Tebo dan Muaro Jambi, para peserta dan undangan lainnya. (Sapra Wintani, Kamerawan Fauzan Azima Photografer Agus Suprianto).

.

Bagikan
  • Twitter
  • Facebook
  • email

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *