Sepuluh Puskesmas di Sungai Penuh Belum Terakreditasi

SUNGAIPENUH – Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh, mengusulkan empat Puskesmas untuk diakriditasi. Pasalnya seluruh Puskesmas yang ada dalam Kota Sungai Penuh belum ada yang memiliki akreditasi. Berdasarkan data Dinkes Sungai Penuh sebanyak 10 Puskesmas yang tersebar di kecamatan wilayah Kota Sungai Penuh. Semuanya belum terakreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan Edi Zulyadi, melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Bismar Sandra membenarkan hal tersebut. Untuk itu tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Jakarta akan turun ke kota Sungai Penuh untuk melihat pelayanan dari empat Puskesmas yang diusulkan diakreditasi. Di antaranya Puskesmas Tanah Kampung, Kumun, Sungai Penuh dan Puskesmas Desa Gedang.

“Iya tahun ini kita mengusulkan empat puskesmas untuk diagreditasi, nanti tim Kemenkes akan turun,” katanya

Dia mengatakan di Provinsi Jambi belum ada Puskesmas yang terakreditasi. Untuk itu pihaknya akan mempersiapkan semua hal yang akan dinilai dari tim kemenkes pusat. Tim kemenkes akan turun pada Oktober atau November mendatang ke Kota Sungai Penuh. Mereka akan melihat kesiapan puskesmas yang disusulkan untuk diakreditasikan.

Lebih lanjut Bismar menjelaskan penilaian yang dilakukan tim adalah melihat standar pelayanan yang diberikan kepada pasien. Diperkirakan 3 orang tim dari Kemenkes yang akan melakukan penilaian ke Kota Sungai Penuh yang akan bekerja sekitar 5 hari melakukan penilaian di 4 Puskesmas yang Dinkes usulkan.

Dia mengatakan usulan akreditasi empat Puskesmas di Kota Sungai Penuh merupakan perwakilan Provinsi Jambi. Ada pun di Sumatera ini hanya baru ada dua Puskesmas yang telah terakreditasi. “Kalau di Sumatera ini Puskesmas yang sudah terakreditasi 2, pertama di Padang (Sumbar) dan Bengkulu. Kita berharap Puskesmas yang kita usulkan bisa terakreditasi sehingga bisa mewakili Provinsi Jambi,” sebutnya.

.

Sumber: tribunnews.com

Bagikan
  • Twitter
  • Facebook
  • email

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *